GOST: Goal/Objective, Strategy, and Tactics

Kamis, Mei 02, 2013 | , ,

GOST: Goal/Objective, Strategy, and Tactics
Dalam perusahaan kecil dan menengah, jarang sekali ada pemikiran tentang penyusunan “Strategy” yang terarah, kebanyakan pebisnis hanya “Mengalir” saja dan melakukan bisnisnya seperti “biasanya”, dan kadang2 mencoba beberapa hal2 baru yang kalau gagal akan diganti dengan yang lain.
Michael Porter dalam buku saktinya “Competitive Advantage” memberikan 3 “generic strategies”, strategi umum yang dipakai perusahaan untuk berkompetisi:
Differentiation, atau strategi membedakan diri kita dengan kompetitor, cocok untuk “broad market scope” (market yang besar dan pelanggannya bermacam2), dimana perusahaan punya keunikan yang lain dari market yang ada. (contoh: Toko Joger di Bali).
Cost Leadership, strategi beaya rendah, cocok untuk market yang besar dimana perusahaan memiliki kompetensi kuat dalam menekan harga pokoknya. Skala ekonomi membuat kompetitor sulit bersaing dengan mereka. (contoh: Walmart, Hypermart, Giant).
Focus, adalah penajaman fokus kita pada “segmen market” khusus yang mampu kita layani dengan sangat baik. Fokus bisa berupa segmen produk/service ataupun pelanggan. (contoh: Vertu, Harley Davidson, LV).
Tentunya ketiga strategi itu tidak cukup, kita butuhkan strategi bisnis yang lebih tajam dan jelas untuk memajukan dan mengembangkan bisnis kita. Dalam menyusun ”Marketing Plan”, hal ini justru jadi kunci yang paling penting. Pada umumnya setahun sekali cukup untuk menyusun dan mengalisa kembali strategi kita.
Penyusunan strategi dimulai dengan analisa 3C: Customers (apa dan bagaimana pelanggan kita berprilaku dalam membeli produk kita), Competitors (siapa dan apa yang dilakukan pesaing kita), dan Company (Perusahaan kita, apa saja keunggulan dan kekurangan kita dimata pelanggan kita, dan bagaimana kita dibanding pesaing kita). Serta memahami perubahan dan trend yang sedang terjadi saat ini.

0 komentar: